Diberdayakan oleh Blogger.

Tips Merawat Rambut Bagi Wanita Berjilbab

admin •

Tips Merawat Rambut Bagi Wanita Berjilbab

Tips - Cara merawat rambut bagi wanita berjilbab memang membutuhkan perawatan ekstra. Karena wanita yang berjilbab rawan terkena ketombe. Mengapa demikian? Karena Gesekan antara kain jilbab dan rambut menimbulkan tekanan pada kulit kepala, sehingga memproduksi minyak berlebih. Minyak pada kulit kepala menjadi makanan lezat bagi makhluk hidup yang hinggap di kulit kepala, seperti kutu, sekaligus memicu timbulnya ketombe. Selain itu, rambut yang lepek dan berminyak juga rentan mengalami kerontokan.

Ketombe merupakan permasalahan yang serius, jangan pernah meremehkan masalah ketombe. Tentu saja dengan adanya ketombe kita akan sering merasa gatal dan menggaruk-garuk kepala. Selain mengganggu kerja kita, juga membuat tidak nyaman saat beraktivitas.

Gesekan antara kain jilbab dan rambut menimbulkan tekanan pada kulit kepala, sehingga memproduksi minyak berlebih. Minyak pada kulit kepala menjadi makanan lezat bagi makhluk hidup yang hinggap di kulit kepala, seperti kutu, sekaligus memicu timbulnya ketombe. Selain itu, rambut yang lepek dan berminyak juga rentan mengalami kerontokan.

Untuk mengatasinya, ada beberapa trik yang bisa Anda coba:


1. Keringkan rambut sebelum memakai jilbab
Hindari memakai jilbab saat rambut dalam kondisi basah. Rambut basah yang tertutup dapat menyebabkan lepek dan bau apek. Pastikan rambut telah benar-benar kering sebelum menggunakan jilbab.

2. Pilih shampoo yang sesuai
Gunakan shampoo khusus rambut berminyak atau shampoo dengan formula yang ampuh menangkal kerontokan. Lazimnya, shampoo ini dibuat dengan bahan mint yang menyegarkan kulit kepala atau ginseng yang dapat menguatkan akar rambut.

3. Jangan ikat rambut terlalu kencang
Memiliki rambut yang panjang bagi wanita berjilbab memang sebaiknya diikat agar tidak mengganggu tampilan jilbab dan masih dalam koridor syar’i. Namun, ada baiknya Anda tidak terlalu kencang mengikatnya karena ikatan rambut yang terlalu kencang dapat menyebabkan rambut mudah patah.


4. Potong rambut
Agar rambut tetap sehat, disarankan untuk memangkas rambut dengan model bob atau sependek mungkin. Selain lebih mudah ditata, Anda juga tak perlu mengikat rambut, sehingga rambut pun dapat bernapas lebih lega.

5. Pilih jilbab yang menyerap keringat
Tidak bisa dipungkiri, mengenakan jilbab dapat menyebabkan kondisi kulit kepala dan rambut menjadi berkeringat. Salah satu cara untuk mengurangi keringat berlebih adalah dengan memilih jenis jilbab yang dapat menyerap keringat seperti jilbab berbahan kaus atau katun.

7. Konsumsi makanan rendah lemak
Setelah melakukan perawatan dari luar, sebaiknya Anda juga melakukan perawatan dari dalam. Mengkonsumsi makanan yang rendah lemak serta kaya akan protein, vitamin B-6, B-12, dan C, serta zat besi dapat menutrisi rambut secara alami. Kacang-kacangan, bayam, pisang, dapat menjadi pilihan.

Sekian dan selamat mencobanya.



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...