Diberdayakan oleh Blogger.

Tips Cat Mobil Tampak Mengkilap

admin •


Pasti anda yang punya mobil biasanya mempunyai masalahkan tentang cat mobil? apa lagi sama mobil tua yang biasanya catnya mulai pudar dan kusam. tapi tanang saja kali ini mimin mau kasih tips nih agar cat mobil anda selalu tampak mengkilap meskipun mobil tua. tanpa mengecat kembali yang akan merogoh kantong dalam-dalam.
Simple saja nih tinggak ikutin tips-tips yang mimin kasikan.

1. Ketahui tipe dan jenis cat mobil.
Tipe dan jenis cat mobil perlu diketahui sebagai acuan anda untuk memilih produk perawatan apa yang paling cocok bagi kendaraan anda. 

Tipe cat pada dasarnya terbagi 3(tiga) :
  • Pertama jenis cat Nitro Celulose (NC) yang umum digunakan pada mobil di era tahun 80an. Tipe cat NC tidak stabil dalam hal warna dan kilap sehingga perlu sering-sering memolesnya. Untuk merawat cat NC diperlukan obat poles dengan bahan dasar silikon. Produk yang bisa digunakan adalah Amway Silicon Glaze.
  • Kedua adalah jenis cat Nitro Celulose Modified (NC Modified) yang biasa digunakan pada mobil-mobil di pertengahan era 90an. Bahan dasar NC Modified sebenarnya sama dengan NC biasa, bedanya adalah pada NC Modified sudah ada bahan hardener yang menjadikan warna lebih kuat dan stabil. Produk perawatan cat yang baik digunakan sama dengan NC biasa, yaitu obat poles dengan bahan dasar silikon macam Amway Silicon Glaze.
  • Ketiga adalah mobil berbahan dasar polyurethane (PU) yang biasa digunakan oleh mobil tahun 2000 keatas. Cat PU memiliki daya tahan yang lebih tinggi dibanding NC dan NC Modified. Untuk merawat cat PU, tidak dianjurkan untuk menggunakan produk berbahan dasar silikon. Dianjurkan untuk menggunakan bahan yang bersifat organik. Bahan carnauba paling cocok untuk memoles cat jenis PU. Banyak pilihan produk yang bisa digunakan seperti seperti Turtle Wax, Meguiar's, Mother's, Zymol, dsb. Kalau ingin yang tidak terlalu mahal bisa gunakan KIT dan Pastikan wax yang anda pilih terdapat bahan carnauba wax didalamnya, bukan silicon.
2. Kalau tidak terpaksa jangan menggunakan compound.
Setelah mengetahui bermacam jenis cat tadi, saya tidak menganjurkan penggunaan compound untuk perawatan rutin mobil anda karena compound secara perlahan namun pasti terus menerus mengikis cat mobil anda. Compund digunakan dengan cara poles. Poles itu sendiri berasal dari kata 'polish' yang berarti mengkilapkan, dengan cara menggosok (biasanya dengan material kompon) hingga permukaan kusam terkikis dan warna menjadi mengkilap

3. Gunakan Wax untuk memoles mobil
Pergunakan Wax saja karena wax bersifat melindungi seperti lilin. Adapun cara pemakaiannya yaitu pastikan mobil anda terparkir di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung kemudian cuci bodi mobil anda, idak perlu menggunakan shampoo mobil kecuali bodi mobil dipenuhi lumpur atau noda-noda yang sulit dihilangkan. Setelah mobil dikeringkan dengan lap chamois, mulailah memoles. Jika cat mobil anda masih dalam kondisi baik dan belum kusam, proses memoles langsung dilewati dan anda hanya perlu melakukan waxing. Siapkan obat poles, wax, spons, dan kain katun bersih yang lembut atau lebih baik lagi jika ada kain microfiber. Tuangkan obat poles ke spon (jika menggunakan obat poles cair) kemudian gosokan ke body mobil dengan gerakan memutar atau naik turun.Tunggu sekitar 5-10 menit.

Setelah mengering bersihkan bekas obat poles dengan kain /microfiber tidak perlu gerakan memutar agar hasilnya maximal lakukan pemolesan dengan beberapa tahap (jangan langsung seluruh body mobil). Jika sudah selesai satu bodi, lanjutkan dengan proses waxing. Caranya sama dengan memoles, namun karena waxing hanya melapisi cat dengan wax, akan terasa bahwa proses waxing jauh lebih ringan dari proses memoles. Anda juga tidak perlu menunggu lima menit sebelum dibersihkan sisa-sisa waxnya.Agar mobil anda selalu terlihat mengkilap dan terbebas dari jamur lakukan waxing minimal 1 bulan 1 kali ,bahkan lebih sering lagi.


Saran dari miminuntuk pencegahan agar cat mobil anda tidak pudar.

  • 1. Hindari oleh terik sinar matahari, sebisa mungkin kita hindari cat mobil dari sinar matahari secara langsung, sebaiknya mencuci mobil dilakukan pada pagi hari atau sore hari dimana sinar matahari tidak terlalu panas.
  • 2. Gunakanlah pencuci khusus mobil dan hindari mencuci mobil menggunakan deterjen, disarankan untuk mencuci mobil gunakanlah pencuci khusus dan jangan menggunakan pencuci sejenis pakaian, dll.
  • 3. Apabila mobil terkena kotoran hewan seperti burung dan kelelawar, segeralah dibersihkan dan dicuci sampai kotoran tersebut benar – benar bersih dan jangan menunggu terlalu lama karena kotoran tersebut dapat meresap ke dalam bagian cat mobil dan dapat membuat cat menjadi rusak.
  • 4. Parkirlah di tempat yang teduh, hal seperti ini sering kali dilalaikan para pemilik mobil dalam mencari tempat parkir yang teduh, sebenarnya kita parkir di tempat yang teduh agar menghindari sengatan matahari, agar cat pada mobil lebih tahan lama dan warnan pada mobil tidak memudar.
  • 5. Ketika mencuci mobil, segeralah siram busa sabun yang telah menempel pada bagian cat mobil dan jangan terlalu lama dibiarkan karena hal ini dapat berpotensi menimbulkan bercak pada bagian cat mobil.
Agar cat mobil Anda lebih awet tentunya tergantung dari seberapa rutin Anda dalam merawat dan membersihkan cat yang ada pada mobil, karena jika semakin lama membiarkan kotoran pada bagian mobil maka menjadi salah satu penyebab utama dari rusaknya cat mobil.

Sekian nih tipsnya



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...